Cara Memperbaiki Error Kernel Power 41

Ada yang pernah mengalami laptop atau komputer yang layarnya tiba – tiba mati sendiri tanpa sebab dan kejadiannya berulang kali secara acak pada waktu tertentu? Jika kalian mengalami ini pasti kalian akan kebingungan karena tidak tahu penyebab pastinya.

Kejadian ini pun pernah saya alami ketika membeli sebuah laptop bekas yang kurang lebih telah dipakai selama 1 tahun dan menurut pemilik lama laptop, tidak pernah terjadi layar tiba – tiba mati padahal kondisi laptop masih hidup ada juga yang secara tiba - tiba komputer/laptopnya merestart sendiri pada sedang digunakan.


Pada deskripsi microsoft windows, kernel power ID 41 adalah Sistem telah diboot-ulang tanpa benar – benar dimatikan terlebih dulu, bisa disebabkan windows not responsive, crash, dll. 

Nah, solusi dari masalah ini sangat minim dibahas dalam bahasa indonesia dari pengalaman saya mencari cara untuk memperbaiki error ini saya dapat dari channel youtube yang berbahasa inggris, karena yang berbahasa indonesia sangat jarang.

Oleh karena itu saya membuat artikel ini.

Cara – cara ini sudah pernah saya coba pada laptop saya dan Alhamdulillah bekerja dengan baik.

Jika kamu menemukan kejadian error atau semacamnya pada laptop/pc kamu bisa buka Event Viewer dan dapat mencari deskripsi dari error yang kamu alami.

Event viewer adalah aplikasi bawaan sistem windows yang mencatat semua aktivitas log sistem windows baik itu kategorinya informasi sampai error yang terjadi, maka dari itu sangat efektif jika terjadi peristiwa yang error atau sesuatu yang terjadi pada laptop/pc kita yang berhubungan dengan sistem windows.

Cara Melihat Error yang terjadi pada System Windows

Langkah 1 :



  
Langkah 2 :



Berikut cara memperbaiki error kernel power 41 atau layar mati secara tiba – tiba(blank screen).

Cara Memperbaiki Error Kernel Power 41 atau Layar Mati Secara Tiba – tiba

Langkah 1 :


1. Buka Control Panel dengan cara cari di icon search atau tekan Windows + R.

Langkah 2 :




2. Setelah membuka control panel, klik Hardware and Sound kemudian klik Power Option.

Langkah 3 :



3. Di menu sebelah kiri klik Choose what power button does.

Langkah 4 :


4. Klik Change settings that are currently unavailable.

5. Setelah itu pada Shutdown settings pastikan Turn on fast startup tidak tercentang, jika tercentang maka ubah menjadi tidak tercentang/ceklis.

6. Klik Save changes.

7. Jika sudah maka Kembali ke Power Option.

Langkah 5 :



8. Pada Selected plan klik Change plan settings pada plan yang digunakan misalkan jika ada dua plan yang pertama Balanced dan yang kedua High Performance makan klik change plan settings pada plan yang digunakan saat itu.

Langkah 6 :


9. Selanjutnya klik Change advanced power settings, buka Sleep -> Hibernate after.

10. Ubah settingan pada On battery dan Plugged in menjadi Never.

11. Buka Sleep after, Ubah settingan pada On battery dan Plugged in menjadi Never.

12. Klik Apply, kemudian Ok.

13. Setelah selesai, Restart laptop/pc kamu.

Cara – cara diatas belum tentu berhasil, oleh karena itu jika tidak berhasil maka kamu bisa mencoba mengupdate driver laptop/pc kamu.

Demikianlah cara memperbaiki error kernel power 41 atau layar mati secara tiba – tiba, Semoga Berhasil..

Komentar dan saran mu sangat diperlukan dalam mengembangkan blog ini menjadi lebih baik kedepannya. Terima Kasih telah berkunjung.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama