Kartu SD Rusak Inilah Penyebab dan Solusinya

Kartu SD rusak atau tidak muncul di HP ini adalah hal biasa,namun bagi sebagian orang yang tidak tahu menahu tentang cara mengatasinya akan kebingungan dan mengira bahwa kartu sd nya telah rusak.

Segala sesuatu dapat dicari solusinya baik dalam hal digital dan kehidupan apalagi zaman sekarang sudah dimudahkan dengan adanya teknologi salah satunya mbah google.

Inisiatif dalam mencari solusi merupakan kelebihan dalam hal problem solving yang sangat berguna ketika menjalani kehidupan yang pahit ini, kita sebagai manusia hanya dapat mencoba dan mencoba disertai berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Kartu SD

Kembali kepada topik utama mengapa kartu sd saya tidak terbaca malah muncul notifikasi di HP bahwa kartu sd saya rusak? Tenang tidak perlu risau kamu dapat mengecek masih ada tanda-tanda kehidupan kah di kartu sd kamu. Berikut beberapa penyebab mengapa kartu sd tidak terbaca.

Penyebab Kartu SD Rusak

1. Mencabut Kartu SD tanpa mematikan HP

Beberapa orang mungkin melakukan hal ini karena ketidaktahuan resiko yang akan dialami oleh karena itu jangan sekali-sekali mencoba mencabut kartu sd tanpa mematikan hp terlebih dahulu.


2. Terinfeksi Virus

Jika kamu mendownload suatu file yang berisi virus kemudian berada pada kartu sd makan virus tersebut akan menginfeksi kartu sd kamu, lakukanlah scan sebelum memasang aplikasi yang mencurigakan.

3. Komponen Keras Kartu SD Sudah Rusak

Bisa saja hal ini terjadi karena tercuci,terinjak,tersiram air, atau sudah berumur dan lain-lain

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya kamu dapat mencegah agar hal-hal tersebut tidak terjadi kepada kartu sd kamu, hindari segala sesuatu yang tidak direkomendasikan untuk dilakukan.

Namun,bagaimana jika salah satu hal dari penyebabnya sudah terlanjur terjadi? Seperti pribahasa nasi sudah menjadi bubur. Tetapi dalam setiap masalah pasti ada solusinya.

Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak

Alat yang harus disiapkan :

  1. Card Reader
  2. Kartu SDK
  3. Komputer atau Laptop

Setelah bahannya sudah lengkap. Hal yang harus dilakukan adalah mengecek kartu sd di komputer/laptop dengan card reader apakah terbaca atau muncul. Jika tidak terbaca maka dapat dipastikan kartu sd kamu sudah rusak bagian Hardwarenya.

Berikut langkah-langkah memperbaiki kartu sd yang rusak :

Drive kartu sd
1. Klik kanan pada kartu sd yang sudah di sambung dengan card reader ke komputer pilih Properties.

Tool check drive
2. Klik Tools, Check.

Scan dan perbaiki kartu sd
3. Klik Scan and repair this drive.

4. Tunggu hingga proses scan selesai.

Demikianlah cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki kartu sd yang rusak dalam arti lain tidak terbaca namun tidak rusak pada bagian Hardware dari kartu sd tersebut.

Komentar dan saran mu sangat diperlukan dalam mengembangkan blog ini menjadi lebih baik kedepannya. Terima Kasih telah berkunjung.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama